Berbagi Tips: Caraku Mendapatkan Nilai Bagus di Sekolah

by - 04.55.00



Ini ceritanya lagi belajar. Foto: dokumentasi pribadi.


               Aku itu bloon anaknya. Ini bukan statement becanda atau nggaya-nggaya. Ini nyata. Aku memang nggak pinter. Buktinya? Pas SMA aku tes IQ dan skornya berapa coba tebak? 80. Sementara temenku yang pernah beberapa kali nggak naik kelas aja skornya seratus ke atas. Sebego-begonya anak di kelas juga skor IQnya paling sedikit itu 95. Well, aku nggak ingat pasti ding, lapan puluh atau lapan puluh berapa yang jelas kepala 8 dan masuk kategori di bawah rata-rata. Normal dull. Normal sih, tapi dull.
               Bandingkan dengan Ibing yang IQnya itu 145. Yes, he is a genius. Nggak tahu sih kalau sekarang udah turun karena kebanyakan minum ciu. Yang jelas di sini kita lagi ngomongin anak yang dulu pas kelas tiga SD itu sudah bisa bikin mobil remot kontrol sendiri. Anak yang pas SD dulu saking berprestasinya menang lomba di sana sini, uang hadiah juara lombanya itu dikumpulin dan bisa buat apa coba kalian tebak! Bangun rumah. Iya, sampai bisa bangun rumah dari hadiah lomba-lomba dan beasiswa. Anak yang dari kecil nggak pernah minta uang jajan karena udah bisa nyari duit sendiri dari skill menggambarnya, dan masih banyak lagi. Banyak hal yang aku iriin dari Ibing sih. Pinter, berprestasi, berbakat, pintar bergaul. Sedangkan akuh ini apaaaaa? *cabutin bulu hidung
               Ah, paling hasil tes IQmu keliru Pel? Emang bisa terjadi sih. Masalahnya, soal aku nggak pinter itu emang beneran. Bukan hanya dari nilai IQ aja. Tanya aja sama temen-temenku yang emang cerdas sejak dalam kandungan, betapa aku itu payah banget bin pekok banget kalau diajak diskusi. Bahkan pengetahuan sederhana yang bagi mereka nggak istimewa aja butuh waktu lama buat kupahami (dan terkagum-kagum setelahnya). Masing-masing anak memang beda kan? Ada yang mempelajari hal baru itu cepet banget, ada yang butuh waktu lebih lama, ada yang butuh waktu lamaaaaaa banget. Aku masuk ke kategori yang emm, agak lama. Tergantung yang dipelajari apaan.
               Kedua, aku pemalas anaknya. Aku malas banget kalau disuruh berlama-lama melakukan hal-hal yang (menurutku) nggak ada gunanya. Hal-hal seperti mengulang belajar pelajaran sekolah. Kalaupun belajar, aku akan mempelajari hal lain yang nggak kupelajari di sekolah. Kalaupun baca, aku akan baca buku lain, bukannya buku pelajaran.
               Jadi itu. Sudahlah bodoh, malas belajar. Mau jadi apa aku ini?
           Tapi banyak yang salah mengira aku pinter (termasuk keluarga, teman-teman dan guru-guru). Kenapa? Karena aku selalu dapat nilai bagus. Logikanya, gimana ceritanya anak yang malas belajar bisa dapat nilai bagus kalau nggak karena asli pinter kan? Pernah kejadian loh, aku nanya ke temenku yang asli pinter tentang pengetahuan (yang menurut dia) sederhana, sedangkan aku belum mudeng sama sekali, dan dia bilang “Koe ra mudeng? Tak kiro koe ki pinter,” yang artinya kira-kira “Kamu nggak paham? Tak kirain kamu itu pinter.”
               Well, I’m not. I just try so hard not to be dumb. Aku sadar aku nggak terlahir jenius.  Tapi aku berusaha keras biar nggak bego-bego banget.
               Nilai bagus di sekolah itu gampang. Serius. Bahkan aku yang bodoh dan malas aja bisa. Peringkat emang nggak penting ya, tapi sebagai gambaran, peringkat kelas terburuk yang pernah kudapat itu rangking 4, pas kelas 1 SMP semester pertama. Sama pas SMA kelas 1 itu aku nggak dapet peringkat blas. Tapi itu sih karena aku sengaja ndlewer. Bandel banget sampai sering dikeluarin dari kelas. Tapi selain itu, aku tiga besar terus. Iya, terus.
               Sekali lagi bukan karena aku pinter ya, apalagi rajin belajar. Enggak. Tapi ada hal-hal yang kulakukan untuk mendapatkan nilai bagus dengan mudah. Nyogok guru? Enggak. Nyontek? Enggak. Jadi apa saja yang kulakukan?

Yahh, aku melakukan beberapa hal ini:

Mindset

Untungnya, meskipun nggak pinter, aku punya mindset kalau pelajaran sekolah itu gampang. Ulangan sama ujian apa lagi. Logikanya gini, yang namanya ulangan itu kan namanya aja ‘ulangan’ kan? Dari kata ulang. Yang artinya ya cuma ulangan aja gitu. Yang diulang apa? Pelajaran yang udah pernah dipelajari di kelas. Terus, masalahnya di mana? Cuma ngulang yang kemarin udah dipelajari kan?
Ujian juga sama aja. Malah lebih simpel. Ujian itu gampangnya adalah ulangan dari ulangan-ulangan yang udah pernah diulangin sebelumnya. Nah lohh. Jadi soalnya paling ya gitu-gitu aja. Nggak ada yang aneh banget apa susah banget. Satu-satunya hal yang menggangguku pas mau UN dulu adalah penggunaan LJK yang katanya bisa nggak kebaca lah, salah baca lah, dll. Jadi aku malah stress latihan bikin bunder-bunder yang perfect. Padahal kalian semua tahu aku anaknya mencang-mencong. Bikin bunderan yang perfect itu bikin aku keringetan gobyos tau?
Jadi aku kalau mau ulangan atau ujian atau tes kenaikan kelas itu nggak pernah belajar. Belajar paling belajar-belajaran aja. Ikut-ikutan karena temen yang lain normalnya pada belajar. Pegang buku padahal sih otaknya mikirin kamu. J
Lebih seringnya, kalau mau ulangan atau tes gitu aku malah main dengan alasan refreshing biar nggak stress. Dodol kan?
Tapi aku tetep dapat nilai bagus karena ya itu tadi: soalnya itu-itu aja palingan.

Mind mapping

Berhubung aku pemalas, aku paling males kalau disuruh nyatet pelajaran. Kalau guru jaman sekarang sih mungkin cara ngajarnya udah asik ya. Pakai teknik multimedia, pakai alat peraga yang keren, video, dan banyak lagi. Tapi di jamanku dulu, pelajaran itu ya nyatet. Gurunya ngedikte atau kalau enggak sekretaris kelas suruh nyatet di papan tulis teori yang banyaaaak banget itu. Yang bener-bener panjang banget nggak ada gunanya.
Karena aku pemalas, aku nggak akan nyatet yang panjang banget itu semua lah, ngapain? Yang ada tangan malah jadi pegel. Tapi aku tetep nyatet, terutama buat materi-materi yang nggak ada di LKS (pelajaran cuma pakai LKS, yawlaaa kasian). Tapi tentu saja aku nggak akan nyatet yang panjang-panjang. Poin-poin pentingnya aja.
Aku benci jenis catetan yang tulisan doang sampai berlembar-lembar. Udah pasti nggak bakal tak baca lagi juga udahannya. Jadi catetanku penuh dengan gambar-gambar (apa adanya), grafik, diagram, tabel, bulet-bulet dan panah-panah (aku kesulitan menjelaskan ini). Sering banget menggunakan singkatan-singkatan biar cepet.
Kalau ada temenku (yang lebih pemalas daripada aku) minjem buku catetanku buat disalin di rumah, besoknya mereka balikin dan belum jadi nyalin karena konon hanya aku dan Dewa Ilmu Pengetahuan yang bisa baca catetanku. Tulisannya jelek banget dan sekilas kaya gabungan antara gambar rumput dan cacing keinjek-injek bareng. Kaya orek-orekan nggak ada artinya. Tapi aku bisa baca.
Selain itu aku juga pasti kasih highlight-highligt buat poin penting di LKS biar gampang nginget-ingetnya. Plus, tambahan catatan di sana sini. Aku kalau punya LKS itu nggak pernah bersih. Berantakaaan sama catatan tambahan.

Nggak malu bertanya

Kalau aku ingat-ingat lagi, temen sekelas tuh dulu aslinya jauh lebih pinter-pinter dari aku. Cuma kenapa kalau pas ulangan atau tes kok kebingungan? Soalnya ada materi yang mereka belum mudeng dan merekanya nggak nanya.
Aku kalau ada yang belum mudeng akan langsung nanya. Sekalipun pertanyaanku itu remeh banget, aku nggak akan malu bertanya. Biar apa? Biar mudeng. Prinsipku, kalau pas pelajaran itu aku udah mudeng, ntar mau tes nggak usah belajarpun nggak masalah wong udah mudeng. Beda kasus sama anak yang cara belajarnya itu ngapalin.
Bikin contekan
Ini bukan tips terpuji, but it works. Kalau pelajaran-pelajaran yang kaya bahasa gitu, misalnya aku bisa mudeng di kelas karena kan pakainya penalaran. Ada polanya. Gimana dengan pelajaran yang membutuhkan banyak hafalan seperti sejarah atau antropologi? Sedangkan aku paling males kalau disuruh ngapalin? Caranya adalah dengan bikin contekan. Serius. Kalau mau tes yang pelajaran hafalan kaya gini, aku akan bikin contekan kumplit. Dan berhubung yang namanya contekan itu harus kecil bentuknya, di sini skill mind mapping berguna. Gimana caranya ngerangkum materi yang banyak banget itu ke selembar kertas kecil saja.
Lucunya, meskipun sukses bawa masuk contekan, contekannya nggak pernah tak pakai. Kenapa? Karena pas proses nulis contekannya itu aku malah jadi apal sendiri. Hahaha.
Jadi sebenernya sih nggak usah bikin contekan, tapi tulis ulang aja semuanya dengan gaya mind mapping yang lucu. Ntar juga apal sendiri. Sialnya, karena aku juga pelupa berat anaknya, kalau yang jenis apalan-apalan gini ujung-ujungnya aku bakal lupa juga. Jadi sekarang plis, jangan ngetes aku nanya materi sejarah pas SMP dulu karena akunya udah nggak inget.

Baca apa saja

Pas SD dulu aku pernah baca novel judulnya itu kalau nggaak salah Guru. Siapa ya yang nulis? Pokoknya bagus itu novelnya. Dan dari novel itu aku belajar kalau mau pinter itu caranya sederhana: baca apa saja. Aku menerapkan itu sampai sekarang. Baca apa saja tanpa pilih-pilih. Tiap bikin kopi sachetan, aku akan baca keterangan di bungkusnya. Tiap beli kosmetik baru, aku baca juga keterangannya. Makan di angkringan, aku baca juga kertas koran pembungkusnya. Tentu saja semua itu seringkali nggak ada urusannya sama materi pelajaran di sekolah, tapi semua informasi itu berharga. Apalagi buat aku yang sangat-sangat kekurangan bacaan. Sobekan-sobekan informasi itu berharga bangeeet.

Berhenti nonton TV

Ini kebiasaan baru sih. Baru jadi kebiasaan beberapa tahun ini. Dulu jaman sekolah sayangnya aku masih suka nonton TV. Habisnya dulu kan belum jaman yucup kaya sekarang. Kalau udah jaman, mungkin aku udah nggak nonton TV dari dulu. Untungnya sih, masa kecil dan remajaku tetep terselamatkan meskipun aku nonton tivi. soalnya pas kecil itu dulu aku nontonnya acara musik-musik anak kaya Dunia Anak, Tralala Trilili, trus paling sama kartun-kartun. Terus pas remaja juga aku terselamatkan karrena dulu belum ada Dahsyat, Inbox, dll. Dulu adanya itu MTV. Kalau pas hari-hari sekolah juga palingan aku nontonnya Sponge Bob. Kalau sekarang sih enak, bisa milih mau nonton apa. Tentu saja konten-konten kosong masih ada. Di Youtube juga banyak video-video yang kalau ditonton itu cuma buang waktu. Tapi kan seenggaknya sekarang kita bisa milih, dan pilihannya itu ada banyaaak.
Kenapa aku berhenti nonton TV? Soalnya TV itu 90%nya sampah. Pernah ngerasain nggak sadar nonton TV selama berjam-jam dan baru berhenti setelah sadar kalau baru saja menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga? Aku pernah. Dan apa yang aku dapet dari itu? NGGAK ADA!
Yaa, mungkin masih ada informasi bermanfaat sih dari tv (yang  10% itu), atau hiburan yang lumayan lucuk, atau mungkin yang TVnya berlangganan tayangannya lebih berkualitas ya? Aku nggak tahu. Dan yang jelas untuk saat ini aku memilih untuk nggak nonton tv dulu.
Lucunya lagi, kalau ada temen yang ngajakin ngobrol soal acara TV dan aku bilang “Aku nggak tahu. Aku nggak punya TV,” si temen ini malah kasian sama aku. Dikira hidupku ngenes banget tv aja nggak punya.
Di kosku ini tuh masing-masing kamar dijatah TV satu-satu, tapi akunya nggak mau ada TV di kamar. Gitchu, beb!
Itu aja sih, hal-hal yang aku lakukan. Gampang dan nggak wow wow banget. Semua orang bisa melakukannya. Sekedar mendapat nilai bagus aja emang gampang kok. Jadi pinter beneran, itu baru butuh usaha keras. Hehe.
               Sekarang aku justru jadi rajin belajar. Biar dapet nilai bagus? Yang mau nilai siapa juga, elah? Bukan, tapi biar aku nggak bego-bego banget. Aku mungkin nggak terlahir jenius. Buat jadi pinter juga nggak gampang. Tapi untuk menjadi nggak bodoh itu masih bisa diusahakan.
Aku jarang menyesal, tapi ada satu hal yang selalu kusesalkan: kalau saja dari dulu aku baca lebih banyak, belajar lebih banyak. Kaya kakak sepupuku yang dulu itu sekolah asrama. Di asramanya dibiasain harus bacaaa terus. Jadi ke mana-mana semua anak bawa buku buat dibaca dan itu jadi kebiasaan. Dia pinter banget, aslik! Sampai-sampai kalau ketemu, belum mulai ngobrol aja aku udah minder.
Yaa, bukan berarti penyesalan ini berguna juga sih. People makes mistakes kan? Nggak apa-apa, yang penting sekarang udah tahu dan berusaha jadi lebih baik. Huhu.
Udah dulu ya gengs! Makasih banyak udah baca.
Btw, pembaca yang asli pinter-pinter, boleh dooong ditambahin tipsnya!

Love love,
Isthar Pelle

You May Also Like

2 komentar

  1. Tambahan tips: Mau tambah pinter baca aja trus blog bu isther ini...

    BalasHapus