Ini ceritanya lagi belajar. Foto: dokumentasi pribadi. |
Aku
itu bloon anaknya. Ini bukan statement becanda atau nggaya-nggaya. Ini nyata. Aku
memang nggak pinter. Buktinya? Pas SMA aku tes IQ dan skornya berapa coba
tebak? 80. Sementara temenku yang pernah beberapa kali nggak naik kelas aja
skornya seratus ke atas. Sebego-begonya anak di kelas juga skor IQnya paling
sedikit itu 95. Well, aku nggak ingat pasti ding, lapan puluh atau lapan puluh
berapa yang jelas kepala 8 dan masuk kategori di bawah rata-rata. Normal dull.
Normal sih, tapi dull.
Bandingkan
dengan Ibing yang IQnya itu 145. Yes, he is a genius. Nggak tahu sih kalau
sekarang udah turun karena kebanyakan minum ciu. Yang jelas di sini kita lagi
ngomongin anak yang dulu pas kelas tiga SD itu sudah bisa bikin mobil remot
kontrol sendiri. Anak yang pas SD dulu saking berprestasinya menang lomba di
sana sini, uang hadiah juara lombanya itu dikumpulin dan bisa buat apa coba
kalian tebak! Bangun rumah. Iya, sampai bisa bangun rumah dari hadiah
lomba-lomba dan beasiswa. Anak yang dari kecil nggak pernah minta uang jajan
karena udah bisa nyari duit sendiri dari skill menggambarnya, dan masih banyak
lagi. Banyak hal yang aku iriin dari Ibing sih. Pinter, berprestasi, berbakat,
pintar bergaul. Sedangkan akuh ini apaaaaa? *cabutin bulu hidung
Ah,
paling hasil tes IQmu keliru Pel? Emang bisa terjadi sih. Masalahnya, soal aku
nggak pinter itu emang beneran. Bukan hanya dari nilai IQ aja. Tanya aja sama
temen-temenku yang emang cerdas sejak dalam kandungan, betapa aku itu payah
banget bin pekok banget kalau diajak diskusi. Bahkan pengetahuan sederhana yang
bagi mereka nggak istimewa aja butuh waktu lama buat kupahami (dan
terkagum-kagum setelahnya). Masing-masing anak memang beda kan? Ada yang
mempelajari hal baru itu cepet banget, ada yang butuh waktu lebih lama, ada
yang butuh waktu lamaaaaaa banget. Aku masuk ke kategori yang emm, agak lama.
Tergantung yang dipelajari apaan.
Kedua,
aku pemalas anaknya. Aku malas banget kalau disuruh berlama-lama melakukan
hal-hal yang (menurutku) nggak ada gunanya. Hal-hal seperti mengulang belajar
pelajaran sekolah. Kalaupun belajar, aku akan mempelajari hal lain yang nggak
kupelajari di sekolah. Kalaupun baca, aku akan baca buku lain, bukannya buku
pelajaran.
Jadi
itu. Sudahlah bodoh, malas belajar. Mau jadi apa aku ini?
Tapi
banyak yang salah mengira aku pinter (termasuk keluarga, teman-teman dan
guru-guru). Kenapa? Karena aku selalu dapat nilai bagus. Logikanya, gimana
ceritanya anak yang malas belajar bisa dapat nilai bagus kalau nggak karena asli
pinter kan? Pernah kejadian loh, aku nanya ke temenku yang asli pinter tentang
pengetahuan (yang menurut dia) sederhana, sedangkan aku belum mudeng sama sekali,
dan dia bilang “Koe ra mudeng? Tak kiro koe ki pinter,” yang artinya kira-kira
“Kamu nggak paham? Tak kirain kamu itu pinter.”
Well,
I’m not. I just try so hard not to be dumb. Aku sadar aku nggak terlahir
jenius. Tapi aku berusaha keras biar
nggak bego-bego banget.
Nilai
bagus di sekolah itu gampang. Serius. Bahkan aku yang bodoh dan malas aja bisa.
Peringkat emang nggak penting ya, tapi sebagai gambaran, peringkat kelas
terburuk yang pernah kudapat itu rangking 4, pas kelas 1 SMP semester pertama.
Sama pas SMA kelas 1 itu aku nggak dapet peringkat blas. Tapi itu sih karena
aku sengaja ndlewer. Bandel banget sampai sering dikeluarin dari kelas. Tapi
selain itu, aku tiga besar terus. Iya, terus.
Sekali
lagi bukan karena aku pinter ya, apalagi rajin belajar. Enggak. Tapi ada
hal-hal yang kulakukan untuk mendapatkan nilai bagus dengan mudah. Nyogok guru?
Enggak. Nyontek? Enggak. Jadi apa saja yang kulakukan?
Yahh, aku melakukan beberapa hal ini:
Mindset
Untungnya, meskipun nggak pinter,
aku punya mindset kalau pelajaran sekolah itu gampang. Ulangan sama ujian apa
lagi. Logikanya gini, yang namanya ulangan itu kan namanya aja ‘ulangan’ kan?
Dari kata ulang. Yang artinya ya cuma ulangan aja gitu. Yang diulang apa?
Pelajaran yang udah pernah dipelajari di kelas. Terus, masalahnya di mana? Cuma
ngulang yang kemarin udah dipelajari kan?
Ujian juga sama aja. Malah lebih
simpel. Ujian itu gampangnya adalah ulangan dari ulangan-ulangan yang udah
pernah diulangin sebelumnya. Nah lohh. Jadi soalnya paling ya gitu-gitu aja. Nggak
ada yang aneh banget apa susah banget. Satu-satunya hal yang menggangguku pas
mau UN dulu adalah penggunaan LJK yang katanya bisa nggak kebaca lah, salah
baca lah, dll. Jadi aku malah stress latihan bikin bunder-bunder yang perfect.
Padahal kalian semua tahu aku anaknya mencang-mencong. Bikin bunderan yang
perfect itu bikin aku keringetan gobyos tau?
Jadi aku kalau mau ulangan atau
ujian atau tes kenaikan kelas itu nggak pernah belajar. Belajar paling
belajar-belajaran aja. Ikut-ikutan karena temen yang lain normalnya pada
belajar. Pegang buku padahal sih otaknya mikirin kamu. J
Lebih seringnya, kalau mau ulangan
atau tes gitu aku malah main dengan alasan refreshing biar nggak stress. Dodol
kan?
Tapi aku tetep dapat nilai bagus karena ya itu
tadi: soalnya itu-itu aja palingan.
Mind mapping
Berhubung aku pemalas, aku paling
males kalau disuruh nyatet pelajaran. Kalau guru jaman sekarang sih mungkin
cara ngajarnya udah asik ya. Pakai teknik multimedia, pakai alat peraga yang
keren, video, dan banyak lagi. Tapi di jamanku dulu, pelajaran itu ya nyatet.
Gurunya ngedikte atau kalau enggak sekretaris kelas suruh nyatet di papan tulis
teori yang banyaaaak banget itu. Yang bener-bener panjang banget nggak ada
gunanya.
Karena aku pemalas, aku nggak akan
nyatet yang panjang banget itu semua lah, ngapain? Yang ada tangan malah jadi
pegel. Tapi aku tetep nyatet, terutama buat materi-materi yang nggak ada di LKS
(pelajaran cuma pakai LKS, yawlaaa kasian). Tapi tentu saja aku nggak akan
nyatet yang panjang-panjang. Poin-poin pentingnya aja.
Aku benci jenis catetan yang
tulisan doang sampai berlembar-lembar. Udah pasti nggak bakal tak baca lagi
juga udahannya. Jadi catetanku penuh dengan gambar-gambar (apa adanya), grafik,
diagram, tabel, bulet-bulet dan panah-panah (aku kesulitan menjelaskan ini). Sering
banget menggunakan singkatan-singkatan biar cepet.
Kalau ada temenku (yang lebih
pemalas daripada aku) minjem buku catetanku buat disalin di rumah, besoknya
mereka balikin dan belum jadi nyalin karena konon hanya aku dan Dewa Ilmu Pengetahuan
yang bisa baca catetanku. Tulisannya jelek banget dan sekilas kaya gabungan
antara gambar rumput dan cacing keinjek-injek bareng. Kaya orek-orekan nggak
ada artinya. Tapi aku bisa baca.
Selain itu aku juga pasti kasih
highlight-highligt buat poin penting di LKS biar gampang nginget-ingetnya.
Plus, tambahan catatan di sana sini. Aku kalau punya LKS itu nggak pernah
bersih. Berantakaaan sama catatan tambahan.
Nggak malu bertanya
Kalau aku ingat-ingat lagi, temen
sekelas tuh dulu aslinya jauh lebih pinter-pinter dari aku. Cuma kenapa kalau
pas ulangan atau tes kok kebingungan? Soalnya ada materi yang mereka belum
mudeng dan merekanya nggak nanya.
Aku kalau ada yang belum mudeng
akan langsung nanya. Sekalipun pertanyaanku itu remeh banget, aku nggak akan
malu bertanya. Biar apa? Biar mudeng. Prinsipku, kalau pas pelajaran itu aku
udah mudeng, ntar mau tes nggak usah belajarpun nggak masalah wong udah mudeng.
Beda kasus sama anak yang cara belajarnya itu ngapalin.
Bikin contekan
Ini bukan tips terpuji, but it works.
Kalau pelajaran-pelajaran yang kaya bahasa gitu, misalnya aku bisa mudeng di
kelas karena kan pakainya penalaran. Ada polanya. Gimana dengan pelajaran yang
membutuhkan banyak hafalan seperti sejarah atau antropologi? Sedangkan aku
paling males kalau disuruh ngapalin? Caranya adalah dengan bikin contekan. Serius.
Kalau mau tes yang pelajaran hafalan kaya gini, aku akan bikin contekan
kumplit. Dan berhubung yang namanya contekan itu harus kecil bentuknya, di sini
skill mind mapping berguna. Gimana caranya ngerangkum materi yang banyak banget
itu ke selembar kertas kecil saja.
Lucunya, meskipun sukses bawa masuk
contekan, contekannya nggak pernah tak pakai. Kenapa? Karena pas proses nulis
contekannya itu aku malah jadi apal sendiri. Hahaha.
Jadi sebenernya sih nggak usah
bikin contekan, tapi tulis ulang aja semuanya dengan gaya mind mapping yang
lucu. Ntar juga apal sendiri. Sialnya, karena aku juga pelupa berat anaknya,
kalau yang jenis apalan-apalan gini ujung-ujungnya aku bakal lupa juga. Jadi
sekarang plis, jangan ngetes aku nanya materi sejarah pas SMP dulu karena akunya
udah nggak inget.
Baca apa saja
Pas SD dulu aku pernah baca novel
judulnya itu kalau nggaak salah Guru. Siapa ya yang nulis? Pokoknya bagus itu
novelnya. Dan dari novel itu aku belajar kalau mau pinter itu caranya
sederhana: baca apa saja. Aku menerapkan itu sampai sekarang. Baca apa saja
tanpa pilih-pilih. Tiap bikin kopi sachetan, aku akan baca keterangan di
bungkusnya. Tiap beli kosmetik baru, aku baca juga keterangannya. Makan di
angkringan, aku baca juga kertas koran pembungkusnya. Tentu saja semua itu
seringkali nggak ada urusannya sama materi pelajaran di sekolah, tapi semua
informasi itu berharga. Apalagi buat aku yang sangat-sangat kekurangan bacaan.
Sobekan-sobekan informasi itu berharga bangeeet.
Berhenti nonton TV
Ini kebiasaan baru sih. Baru jadi
kebiasaan beberapa tahun ini. Dulu jaman sekolah sayangnya aku masih suka
nonton TV. Habisnya dulu kan belum jaman yucup kaya sekarang. Kalau udah jaman,
mungkin aku udah nggak nonton TV dari dulu. Untungnya sih, masa kecil dan remajaku tetep terselamatkan meskipun aku nonton tivi. soalnya pas kecil itu dulu aku nontonnya acara musik-musik anak kaya Dunia Anak, Tralala Trilili, trus paling sama kartun-kartun. Terus pas remaja juga aku terselamatkan karrena dulu belum ada Dahsyat, Inbox, dll. Dulu adanya itu MTV. Kalau pas hari-hari sekolah juga palingan aku nontonnya Sponge Bob. Kalau sekarang sih enak, bisa milih
mau nonton apa. Tentu saja konten-konten kosong masih ada. Di Youtube juga
banyak video-video yang kalau ditonton itu cuma buang waktu. Tapi kan
seenggaknya sekarang kita bisa milih, dan pilihannya itu ada banyaaak.
Kenapa aku berhenti nonton TV?
Soalnya TV itu 90%nya sampah. Pernah ngerasain nggak sadar nonton TV selama
berjam-jam dan baru berhenti setelah sadar kalau baru saja menyia-nyiakan waktu
yang sangat berharga? Aku pernah. Dan apa yang aku dapet dari itu? NGGAK ADA!
Yaa, mungkin masih ada informasi
bermanfaat sih dari tv (yang 10% itu),
atau hiburan yang lumayan lucuk, atau mungkin yang TVnya berlangganan
tayangannya lebih berkualitas ya? Aku nggak tahu. Dan yang jelas untuk saat ini
aku memilih untuk nggak nonton tv dulu.
Lucunya lagi, kalau ada temen yang
ngajakin ngobrol soal acara TV dan aku bilang “Aku nggak tahu. Aku nggak punya
TV,” si temen ini malah kasian sama aku. Dikira hidupku ngenes banget tv aja
nggak punya.
Di kosku ini tuh masing-masing
kamar dijatah TV satu-satu, tapi akunya nggak mau ada TV di kamar. Gitchu, beb!
Itu aja sih, hal-hal yang aku lakukan.
Gampang dan nggak wow wow banget. Semua orang bisa melakukannya. Sekedar
mendapat nilai bagus aja emang gampang kok. Jadi pinter beneran, itu baru butuh
usaha keras. Hehe.
Sekarang
aku justru jadi rajin belajar. Biar dapet nilai bagus? Yang mau nilai siapa
juga, elah? Bukan, tapi biar aku nggak bego-bego banget. Aku mungkin nggak
terlahir jenius. Buat jadi pinter juga nggak gampang. Tapi untuk menjadi nggak
bodoh itu masih bisa diusahakan.
Aku jarang menyesal, tapi ada satu
hal yang selalu kusesalkan: kalau saja dari dulu aku baca lebih banyak, belajar
lebih banyak. Kaya kakak sepupuku yang dulu itu sekolah asrama. Di asramanya
dibiasain harus bacaaa terus. Jadi ke mana-mana semua anak bawa buku buat
dibaca dan itu jadi kebiasaan. Dia pinter banget, aslik! Sampai-sampai kalau
ketemu, belum mulai ngobrol aja aku udah minder.
Yaa, bukan berarti penyesalan ini
berguna juga sih. People makes mistakes kan? Nggak apa-apa, yang penting
sekarang udah tahu dan berusaha jadi lebih baik. Huhu.
Udah dulu ya gengs! Makasih banyak
udah baca.
Btw, pembaca yang asli
pinter-pinter, boleh dooong ditambahin tipsnya!
Love love,
Isthar Pelle
2 komentar
Tambahan tips: Mau tambah pinter baca aja trus blog bu isther ini...
BalasHapusHahaha. Betul sekali itu. Terima kaasiiih. :)
Hapus