REVIEW J&T EXPRESS
Sebagai
bakul on line, perusahaan ekspedisi bagaikan BFF bagiku. Aku nggak bisa banget
gitu menjalani hari tanpa kehadirannya. Wkwkwk.
Selama
ini aku pakai jasa ekspedisi cuma dua: kalau nggak JNE, Kantor Pos. Meskipun
paling sering pakai JNE. Pakai Kantor Pos jarang-jarang. Cuma kalau ada
customer yang minta atau kalau ongkir JNEnya kemahalan. Tapi sekarang tarif Pos
Kilat Khusus udah naik juga sih, jadi sama aja mahalnya. Haha.
Sekalipun
banyak perusahaan ekspedisi lain bermunculan, aku nggak pernah tergoda buat
mencoba. Bukannya sombong nggak mau nyobain yang kurang femes, tapi emang nggak
tergoda aja. Lagian pernah kejadian sih, sekali. Waktu itu posisiku bukan
pengirim melainkan penerima. Waktu itu order baju buanyaaak buat dijual lagi
dan suplier ngotot pakai Wahana biar murah. Yaudah, oke. Kalian tahu apa yang
terjadi? Barangnya lama banget nyampenya. Sepuluh hari? Lebih pemirsa, lebih!
Hampir dua minggu. Dan setelah komplen ke sana ke mari, dari satu kantor Wahana
ke kantor yang lain, trus nelpon berkali-kali, akhirnya pihak Wahananya bilang
apa kalian tahu? “Besok kami kirim LEWAT JNE SAJA!”
Sori,
aku nggak lagi mau ngejelek-jelekin Wahana di sini, tapi itu kejadian nyata.
Waktu itu rasanya aku pengen nangis, ketawa keliling alun-alun, makan sol
sepatu, sama pingsan sekaligus. Konyol banget kan? Kalian itu perusahaan
ekspedisi. Ngapain terus pakai jasa ekspedisi lain, ya Tuhaaaaan? Tapi pas itu
emang lagi promo murah banget Wahananya. Kalau nggak salah itu lima kilo
pertama cuma tujuh ribuan, trus selanjutnya cuma kena Rp. 1.500/ kg. Jadi apa
kesimpulannya? Yang murah belum tentu yang terbaik ya. Lagian ngapain juga
murah ujung-ujungnya aku rugi waktu banyak. Yang harusnya udah habis kejual
malah belum nyampe.
Sedangkan
sama JNE dan Pos selalu aman, lancar, terkendali nggak ada masalah. Pernah
ding, dua kali dan cuma dua kali itu tok. Yang pertama barangnya udah nyampe
kantor kota tujuan tapi somehow nggak kunjung dikirim ke rumah penerima, dan
yang kedua barangnya ketuker. Jadi sesama customerku, tapi bisa ketuker. Yang
pesen satu dapet dua kaos, yang pesen dua dapet satu. Padahal aku ngebungkusnya
bener. Nggak tahu gimana ceritanya bisa begitu. Tapi untungnya customer yang
nerima dua ini jujur. Dan akhirnya sama mamas-mamas JNEnya diambil dan
ditukerin ke penerima yang benernya. Nggak tau kok bisa kaya gitu, aku juga
heran. Mungkin salah pas naruh resi pengirimannya kali ya? Itu lohh, resi copy
yang buat ditempelin di barang. Tapi cuma kejadian dua kali itu tok. Yang lain
nggak pernah ada masalah sama sekali.
Terus sekarang bagaimana dengan J&T?
Aku
nyobain J&T ini gara-garanya pas awal bulan November mau ngirim ke JNE, kata mamasnya
koneksinya lagi off. “Udah dari sore tadi nggak bisa mbak.” Dan akhirnya aku memutuskan
untuk nyobain J&T. Soal J&T ini aku punya dua kesan: baik dan emm,
kurang baik. Aku akan bahas dua-duanya secara seimbang dan nggak pilih kasih
biar nggak dikira hate comment yaa.
NAMA DAN LOGO
Soal
nama, J&T ini membingungkan. Pertama, nama J&T sendiri tadinya tak
kirain adalah typo dari JNE karena ada yang nulisnya itu JNT. Pas diucapin juga
berisiko salah. Selain itu, yang bikin bingung lagi tuh karena namanya J&T
tapi websitenya itu jet.co.id. Dan ada yang bilang juga Jet Express. Jadi
sebenernya namanya J&T apa Jet sih? mbok pakai salah satu aja. Lagian nama
J&T itu kalau buatku sih masih aja meninggalkan kesan ikut-ikutan. Sori lho
yaaa.
Tapi plusnya di sini, aku suka sama
logonya dan desainnya secara keseluruhan. Tulisan J&T warna putih dengan background
merah atau sebaliknya itu simple banget dan eye cathing. Bagus, sederhana. Aku juga suka Dedi
Corbuzier sebagai brand ambassador di sini.
WEBSITE
Web
jet.co.id gampang banget diaksesnya. Enteng, no lemot. Bandingkan dengan web
JNE yang suka bikin nangis. Tapi tentu saja dong, secara Jet ini kan baru, jadi
barangnya belum banyak, trafficnya juga nggak sepadat JNE pastinya. Jadi di
sini nggak bisa dibandingkan sekarang. Kita bandingkan nanti kalau J&T udah
rame dan udah banyak yang akses. Mudah-mudahan sih ntar kalau udah rame juga
tetep enteng dan gampang yaa.
Desain
webnya juga simple dan gampaaaang banget deh pokoknya. Nggak membingungkan dan
nggak susah nyari-nyari. Pertama buka itu langsung ketemu kolom itung tarif dan
di bawahnya ada kolom tracking. Nggak ada kebanyakan info-info nggak penting.
Lagian yang dicari orang kalau akses web ekpedisi kan emang itu kan? Jadi di
sini plus banget. I like it.
GRATIS JEMPUT PAKET
Ini
yang keren banget dan belum dimiliki perusahaan ekspedisi lain. J&T
memberikan layanan gratis jemput paket di tempat, tanpa minimal order. Jadi
satu paketpun tetep bakalan dijemput. JNE dan Pos juga ada layanan ini sih. Aku
pernah ditawarin. Cuma sayangnya ada minimal order. Minimal sepuluh paket per
hari. Lha namanya orang jualan kan enggak pasti. Kadang sehari ada sepuluh
orang beli masing-masing satu kaos, kadang ada satu orang beli sepuluh kaos
sekaligus (yang berarti jadi satu paket kan?). Tapi sebenernya jemput atau
antar sendiri ini nggak masalah-masalah banget buatku soalnya biasanya aku
kalau ngirim paket itu sekalian keluar ngapaiin gitu. Cuma plusnya ya nggak
perlu ngantre dooong. Kalau paketan banyak, kerjaan lain banyak, dan waktunya
mepet-mepet, jemput gratis ini solusi bangeeeet.
SMS NOTIFIKASI
Banyak
yang mengalami dapet SMS notifikasi dari J&T, baik pengirim maupun penerima
mengenai status paketnya. Ini memudahkan banget weh. Nggak usah susah-susah
tracking kan jadinya? Cuma, kok aku nggak dapet yah? Hahaha. Ah, J&T, kamu
gitu dyeh. Yang lain diSMSin, aku enggaaaaak.
TARIF
Sama
aja kaya JNE reguler. Aku nggak bisa ngomong banyak kalau soal ini. Lagian aku
nggak pernah sukses ngapalin tarif, jadi suka nggak terlalu peduli. Cuma
berharap aja sih, tarifnya jangan naik-naik terus. Kasian pelanggan. Iya, aku
itu sayang tauk aslinya sama kalian. *sun jauh
PENGIRIMAN
Sejauh
ini lancar jaya hariwijaya. Aku ngirim pas tanggal 3 November malem, yang
berarti ikut pengiriman besoknya. Mamas-mamasnya udah bilang gitu dan aku juga
udah tahu karena biasanya di JNE juga gitu. Kalau paket dianterin malem after
pick hour pasti ikut pengiriman besoknya, dan nggak masalah. Jadi paket dikirim
tanggal 4, dan tanggal 6 aku cek status udah delivered semua. Yang satu
terkirin jam satu, yang satu jam dua, dan yang satu jam empat. Dua hari ajah.
Cepet banget. Dan iyeeees, tanggal 6 itu hari Minggu. Iyes, J&T hari Minggu
itu nggak libur. Kantornya tetep buka, kurirnya tetep nganterin. Jadi nggak
kepotong libur. Kalau JNE misal barang harusnya nyampe Minggu kan pasti baru
nyampe Seninnya. Kalau J&T tetep nyampe pas hari Minggu itu juga. Ini nilai
plus lagi.
KANTOR DAN AGEN
Di
Magelang aku baru lihat satu sih. Sama di Muntilan ada satu agen kayaknya soalnya kecil. Tapi di kota lain katanya ada banyak agen? Nggak tahu deh. Tapi yang jelas di semua kota ada soalnya
gebrakan J&T ini langsung buka cabang di semua kota gitu.
Kondisi kantornya di sini kecil dan
berantakan banget. Kotor dan berantakan banget sampai aku yang aslinya pemalas
dan jorok aja rasanya pengen ngebersihin dan ngerapiin.
Jadi
area buat customer itu dipakai juga buat naruh barang. Dan anehnya, itu barang-barang
ditaruh di lantai begitu saja tanpa ada keterangan mana barang yang baru
sampai, mana yang baru dianter, mana yang mau dikirim, dan seterusnya. Aku
nggak ngerti itu siapa yang ngajarin, tapi aku bisa bayangin kalau karyawannya
pasti pusing sendiri. Lha itu gimana sih? barang diambruk-ambruk di lantai loh.
Kalau ada yang ilang gimana coba? Dan iya, kalau misalnya aku iseng ngumpetin
satu gitu, mereka pasti nggak ada yang nyadar soalnya ruwet banget kondisi
kantornya. Untung aku nggak setega itu.
Cuma
ada kursi tunggu dari besi dan itu udah mleyot sehingga siapapun yang duduk di
situ pasti nggak nyaman dan takut kejengkang. Nggak ada kursi di depan customer
servicenya. Terus, si anak-anak yang lain yang tugas packing, kurir yang mau
anter barang, orang-orang yang nyortir, yang menscan barcode, dan lain
sebagainya semuanya kerja di situ. Di ruangan kecil yang lebih kecil dari pada
kamar kosku itu. Itu bangunan dua lantai yaallaaaah, kenapa kalian nggak kerja
di lantai atas aja sih? Ruang situ harusnya khusus buat nerima customer dan
nerima barang aja.
Dan
oya, pas aku masuk situ itu kantor bau ikan. Nggak tau, mungkin ada orang yang
maketin ikan asin. Mudah-mudahan aja nggak bareng sama paketanku deh. Kasian
ntar bantalnya jadi bau ikan.
PELAYANAN
Ini
yang aku rada gemes. Kondisi kantornya udah aku jelasin di atas ya? Parah.
Parah banget. secara desain, banner, dan ada posternya Dedi Corbuzier sih udah
keren. Cuma kantornya berantakan ampun. Sekarang gimana pelayanannya?
Pas
pertama kali ke situ pas tanggal 3 itu, malem-malem karyawannya lagi pada
briefing semua. Dan di mana briefingnya? Yak, tentu saja di ruangan kecil yang
sudah aku jelasin di atas. Semuanya berdesak-desakan bin uyel-uyelan di situ.
Pas kami datang, ada mamas-mamas yang keluar buat ngambil barangnya dan dia
bilang “Di dalam sedang briefing. Bentar ya, saya tulisin resinya,” trus dia
masuk. Bagaimana dengan kami? Customer yang imut-imut ini? Kami nunggu di teras
kaya anak ilang. Itu kondisi ujan, dan kami menunggu di teras. Yes, persis
seperti anak terlantar. Kenapa briefingnya kok nggak di lantai atas saja? Enggak
tahu. Mungkin lantai atas itu kuil suci dan hanya jenderal jin saja yang boleh
masuk.
Oke, itu kali pertama. Aku masih
maklum. Hari Minggu berikutnya kami ke J&T lagi karena kalau Minggu JNE itu
tutup. Dan selain disambut dengan bau ikan, kami disambut dengan embak-embak
yang sibuk dengerin musik lewat ear phone, dan nggak ada ramah-ramahnya blas.
Mending kalau dia udah sibuk sendiri gitu tapi pelayanannya oke dan cak cek.
Lha ini lama banget kok. Kamu nggak tau apa mbak, bau ikan keburu merasuk ke
sekujur rambut indahku? Aku tu suka heran sama model karyawan kaya gini. Kalau
mau berbuat sesuka udelnya sendiri mbok nggak usah jadi karyawan. Kamu itu
front liner mbaaaaak. Kamu adalah wajah pertama yang dilihat orang mewakili
perusahaan.
Selain itu ada mamas-mamas yang sok
banget bin ngeselin. Di JNE itu biasanya mamas-mamasnya juga ngajak ngobrol,
tapi asik, akrab. Nggak ngeselin. Lha ini tuh masnya ngeselin banget. Kalian
tau istilah kemaki nggak? Apa ya? Kira-kira emm ‘aslinya bego tapi sok pinter’
gitu lah. Susah ngejelasinnya. Nha masnya tu gitu banget. Kemaki banget. Ngeselin
pokoknya. Teruuuus, oh ya, mereka ribut sendiri di depan kami. Jadi karena
mas-masnya ini kemaki, meskipun jabatan dia itu kurir, dia merasa berhak untuk
mensupervisi kerjaan embaknya dan mereka ribut sendiri enggak jelas. Dan nggak
penting sama sekali karena itu malah buang waktu. Waktu kami juga.
Aku tahu, soal pelayanan ini sih
soal SDM dan masing-masing kantor pastinya beda. Tinggal kualitas SDMnya
gimana. Aku baca review-review dan banyak juga yang cerita kalau kantor J&T
di di kotanya pelayanannya ramah.
Tapi menurutku ini fatal banget. Kami
ke J&T itu nyoba, karena kebetulan JNEnya pertama pas lagi off line jadi
nggak bisa dan kedua, pas Minggu libur. Kalau saja pelayanannya oke, kami bakal
balik ke J&T lagi dan lagi karena sebagai perusahaan baru dia punya banyak
kelebihan. Tapi gara-gara pelayanannya kaya gitu kami jadi ilfil berat.
Pertamanya tak kirain aku aja yang sensi karena emang lagi mens. Tapi ternyata
Ibing pas pulangnya juga ngomel-ngomel karena masnya itu annoying banget. Dan
kami sepakat nggak bakalan pakai J&T lagi unless kepepet. Sayang banget
kan?
Ini bukan hate comment ya. Aku
nggak dibayar sama perusahaan pesaing. Ini masukan aja buat manajemen J&T.
Tolong kantornya itu dikondisikan yang bersih dan rapi sehingga customer itu merasa
nyaman. Apalagi kalau harus nunggu lama. Kedua, tolong pastikan karyawannya ditraining
dengan bagus jadi mereka semua ramah dan cekatan. Nggak buang waktu orang.
Sama aku yang aneh itu apa di
J&T itu ada sitem reward buat sprinter/kurir yang paling banyak
ngambil/ngirim paket ya? Kok kesannya ada kaya rebutan customer? Kami dua kali
ke situ, ketemu sama dua kurir yang berbeda dan semuanya maksa promosi “Nanti
biar saya aja yang ambil,” sambil nyodorin nomer hp pribadi. Padahal hot
linenya juga udah ada. Itu annoying banget, plis stop!
Udah ah, itu aja. Sebenernya
semuanya baguuus banget dan banyak nilai plusnya dibanding sama jasa ekspedisi
yang udah ada. Cuma sayang di pelayanannya. Padahal menurutku sih, pelayanan
itu yang paling penting nomer satu.
Kalau
kalian ada yang udah pernah pakai J&T juga? Di kota kalian bagus enggak
pelayanannya? Cerita yahh, di komen.
Makasih
banyak yaa udah baca. I love you!
Isthar Pelle
5 komentar
Wah di Palembang baru banget buka.. Langsung pake 2 ruko. Penasaran sih pengen coba. Tapi belom pernah coba kirim barang pake si J&T ini. Soalnya olshopnya lagi mandeg.. hehehe.. 😝
BalasHapusSoal sms notif berarti mirip sama si cepat ya.. dia juga ngirim sms notif.
Di sini malah belum ada Si Cepat kak. Jadi aku belum tahu.
HapusIya, sms notifikasi kalau menurutku ngebantu banget. Jadi nggak bolak-balik ngecek. Tapi ya itu, masih nggak pasti juga. Kadang dikirim kadang enggak. Hehehe.
Salam kenal, saya Arumi, Just Share ya sis..
BalasHapusJ&t dulu awal2 pake bagus barang 2 hari nyampe, kurirnya juga ramah.. kaya jne gitulah.. kalo jne kan udah langganan kirim kerumah, kurirnya udah apal banget.. nah ini coba lagi pake j&t, aduh yg ini parah banget masa uda 6 hari paket belum dikirim juha kerumah saya, statusnya barang disimpan di gudang cabang j&t udah 3 hari, itu maksudnya apa yah? Kalo emang gatau alamat kan ya bisa sms,padahal jarak rumah sama cabang j&t cuma 2 km, nggak ada 10 menit.
Kalau pakai Wahana saya justru seneng, cuma buat beli barang2 yg nggak urgent. Selain murah meriah, 5 hari udah sampai paling lama 6 hari, padahal cabang wahana jauh banget dari rumah saya, tapi tetap ada itikad baik dari sang kurir.
Kalau TIKI daya udah nyerah sejak lama, saya kirim paket dengan harga mahal, paketnya nggak nyampe di alamat, paket di kembalikan ke alamat saya. Kedua, saya belanja pake kurir TIKI, paket tidak bisa terkirim ke alamat saya dengan alasan alamat tidak ditemukan. Padahal jarak rumah saya dengan agen tiki terdekat adalah 1 km, 5 menit nyampe.
Indah Cargo, ini agennya susah banget nemunya, tapi harganya murah banget lebih murah dari tarif kilat khusus pos, 3 hari nyampe dirumah, pelayanan sama dengan wahana, kurirnya baik banget.
Terakhir EXL atau apa gitu namanya lupa karena cuma sekali doank pakenya, tarifnya lebih murah dari Indah Cargo, lebih mah dikit dari WAHANA, paket 4 hari nyampe, nggak pake ribet kaya TIKI.
POS Indonesia mah gausa dibahas yah,heheh udah pada tau semua.
Yanh pasti saat ini masih cocok di hati itu ya JNE, belum pernah ada masalah, dan semoga nggak akan pernah ngalamin.
Halo, Arumi. Salam kenal juga.
HapusIyaa, aku sampai hari ini sih tetep pake JNE terus kecuali customer request selain JNE. Selama ini memuaskan dan bisa dipercaya soalnya.
Ada sih temenku cerita pakai JNE itu beberapa kali bermasalah terus jadi dia benci sama JNE. Tapi mungkin emang tergantung SDM di masing-masing cabang gimana ya. Pasti beda-beda.
Ekspedisi sih hampir kaya jodoh juga, cocok-cocokan. Hihihi.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus