REVIEW J&T EXPRESS

by - 12.19.00



               Sebagai bakul on line, perusahaan ekspedisi bagaikan BFF bagiku. Aku nggak bisa banget gitu menjalani hari tanpa kehadirannya. Wkwkwk.
               Selama ini aku pakai jasa ekspedisi cuma dua: kalau nggak JNE, Kantor Pos. Meskipun paling sering pakai JNE. Pakai Kantor Pos jarang-jarang. Cuma kalau ada customer yang minta atau kalau ongkir JNEnya kemahalan. Tapi sekarang tarif Pos Kilat Khusus udah naik juga sih, jadi sama aja mahalnya. Haha.
               Sekalipun banyak perusahaan ekspedisi lain bermunculan, aku nggak pernah tergoda buat mencoba. Bukannya sombong nggak mau nyobain yang kurang femes, tapi emang nggak tergoda aja. Lagian pernah kejadian sih, sekali. Waktu itu posisiku bukan pengirim melainkan penerima. Waktu itu order baju buanyaaak buat dijual lagi dan suplier ngotot pakai Wahana biar murah. Yaudah, oke. Kalian tahu apa yang terjadi? Barangnya lama banget nyampenya. Sepuluh hari? Lebih pemirsa, lebih! Hampir dua minggu. Dan setelah komplen ke sana ke mari, dari satu kantor Wahana ke kantor yang lain, trus nelpon berkali-kali, akhirnya pihak Wahananya bilang apa kalian tahu? “Besok kami kirim LEWAT JNE SAJA!”
               Sori, aku nggak lagi mau ngejelek-jelekin Wahana di sini, tapi itu kejadian nyata. Waktu itu rasanya aku pengen nangis, ketawa keliling alun-alun, makan sol sepatu, sama pingsan sekaligus. Konyol banget kan? Kalian itu perusahaan ekspedisi. Ngapain terus pakai jasa ekspedisi lain, ya Tuhaaaaan? Tapi pas itu emang lagi promo murah banget Wahananya. Kalau nggak salah itu lima kilo pertama cuma tujuh ribuan, trus selanjutnya cuma kena Rp. 1.500/ kg. Jadi apa kesimpulannya? Yang murah belum tentu yang terbaik ya. Lagian ngapain juga murah ujung-ujungnya aku rugi waktu banyak. Yang harusnya udah habis kejual malah belum nyampe.
               Sedangkan sama JNE dan Pos selalu aman, lancar, terkendali nggak ada masalah. Pernah ding, dua kali dan cuma dua kali itu tok. Yang pertama barangnya udah nyampe kantor kota tujuan tapi somehow nggak kunjung dikirim ke rumah penerima, dan yang kedua barangnya ketuker. Jadi sesama customerku, tapi bisa ketuker. Yang pesen satu dapet dua kaos, yang pesen dua dapet satu. Padahal aku ngebungkusnya bener. Nggak tahu gimana ceritanya bisa begitu. Tapi untungnya customer yang nerima dua ini jujur. Dan akhirnya sama mamas-mamas JNEnya diambil dan ditukerin ke penerima yang benernya. Nggak tau kok bisa kaya gitu, aku juga heran. Mungkin salah pas naruh resi pengirimannya kali ya? Itu lohh, resi copy yang buat ditempelin di barang. Tapi cuma kejadian dua kali itu tok. Yang lain nggak pernah ada masalah sama sekali.

Terus sekarang bagaimana dengan J&T?

               Aku nyobain J&T ini gara-garanya pas awal bulan November mau ngirim ke JNE, kata mamasnya koneksinya lagi off. “Udah dari sore tadi nggak bisa mbak.” Dan akhirnya aku memutuskan untuk nyobain J&T. Soal J&T ini aku punya dua kesan: baik dan emm, kurang baik. Aku akan bahas dua-duanya secara seimbang dan nggak pilih kasih biar nggak dikira hate comment yaa.

NAMA DAN LOGO



               Soal nama, J&T ini membingungkan. Pertama, nama J&T sendiri tadinya tak kirain adalah typo dari JNE karena ada yang nulisnya itu JNT. Pas diucapin juga berisiko salah. Selain itu, yang bikin bingung lagi tuh karena namanya J&T tapi websitenya itu jet.co.id. Dan ada yang bilang juga Jet Express. Jadi sebenernya namanya J&T apa Jet sih? mbok pakai salah satu aja. Lagian nama J&T itu kalau buatku sih masih aja meninggalkan kesan ikut-ikutan. Sori lho yaaa.
Tapi plusnya di sini, aku suka sama logonya dan desainnya secara keseluruhan. Tulisan J&T warna putih dengan background merah atau sebaliknya itu simple banget dan eye cathing. Bagus, sederhana. Aku juga suka Dedi Corbuzier sebagai brand ambassador di sini.

WEBSITE

               Web jet.co.id gampang banget diaksesnya. Enteng, no lemot. Bandingkan dengan web JNE yang suka bikin nangis. Tapi tentu saja dong, secara Jet ini kan baru, jadi barangnya belum banyak, trafficnya juga nggak sepadat JNE pastinya. Jadi di sini nggak bisa dibandingkan sekarang. Kita bandingkan nanti kalau J&T udah rame dan udah banyak yang akses. Mudah-mudahan sih ntar kalau udah rame juga tetep enteng dan gampang yaa.
               Desain webnya juga simple dan gampaaaang banget deh pokoknya. Nggak membingungkan dan nggak susah nyari-nyari. Pertama buka itu langsung ketemu kolom itung tarif dan di bawahnya ada kolom tracking. Nggak ada kebanyakan info-info nggak penting. Lagian yang dicari orang kalau akses web ekpedisi kan emang itu kan? Jadi di sini plus banget. I like it.

GRATIS JEMPUT PAKET

               Ini yang keren banget dan belum dimiliki perusahaan ekspedisi lain. J&T memberikan layanan gratis jemput paket di tempat, tanpa minimal order. Jadi satu paketpun tetep bakalan dijemput. JNE dan Pos juga ada layanan ini sih. Aku pernah ditawarin. Cuma sayangnya ada minimal order. Minimal sepuluh paket per hari. Lha namanya orang jualan kan enggak pasti. Kadang sehari ada sepuluh orang beli masing-masing satu kaos, kadang ada satu orang beli sepuluh kaos sekaligus (yang berarti jadi satu paket kan?). Tapi sebenernya jemput atau antar sendiri ini nggak masalah-masalah banget buatku soalnya biasanya aku kalau ngirim paket itu sekalian keluar ngapaiin gitu. Cuma plusnya ya nggak perlu ngantre dooong. Kalau paketan banyak, kerjaan lain banyak, dan waktunya mepet-mepet, jemput gratis ini solusi bangeeeet.

SMS NOTIFIKASI

               Banyak yang mengalami dapet SMS notifikasi dari J&T, baik pengirim maupun penerima mengenai status paketnya. Ini memudahkan banget weh. Nggak usah susah-susah tracking kan jadinya? Cuma, kok aku nggak dapet yah? Hahaha. Ah, J&T, kamu gitu dyeh. Yang lain diSMSin, aku enggaaaaak.

TARIF

               Sama aja kaya JNE reguler. Aku nggak bisa ngomong banyak kalau soal ini. Lagian aku nggak pernah sukses ngapalin tarif, jadi suka nggak terlalu peduli. Cuma berharap aja sih, tarifnya jangan naik-naik terus. Kasian pelanggan. Iya, aku itu sayang tauk aslinya sama kalian. *sun jauh

PENGIRIMAN

               Sejauh ini lancar jaya hariwijaya. Aku ngirim pas tanggal 3 November malem, yang berarti ikut pengiriman besoknya. Mamas-mamasnya udah bilang gitu dan aku juga udah tahu karena biasanya di JNE juga gitu. Kalau paket dianterin malem after pick hour pasti ikut pengiriman besoknya, dan nggak masalah. Jadi paket dikirim tanggal 4, dan tanggal 6 aku cek status udah delivered semua. Yang satu terkirin jam satu, yang satu jam dua, dan yang satu jam empat. Dua hari ajah. Cepet banget. Dan iyeeees, tanggal 6 itu hari Minggu. Iyes, J&T hari Minggu itu nggak libur. Kantornya tetep buka, kurirnya tetep nganterin. Jadi nggak kepotong libur. Kalau JNE misal barang harusnya nyampe Minggu kan pasti baru nyampe Seninnya. Kalau J&T tetep nyampe pas hari Minggu itu juga. Ini nilai plus lagi.

KANTOR DAN AGEN

               Di Magelang aku baru lihat satu sih. Sama di Muntilan ada satu agen kayaknya soalnya kecil. Tapi di kota lain katanya ada banyak agen? Nggak tahu deh. Tapi yang jelas di semua kota ada soalnya gebrakan J&T ini langsung buka cabang di semua kota gitu.
Kondisi kantornya di sini kecil dan berantakan banget. Kotor dan berantakan banget sampai aku yang aslinya pemalas dan jorok aja rasanya pengen ngebersihin dan ngerapiin.
               Jadi area buat customer itu dipakai juga buat naruh barang. Dan anehnya, itu barang-barang ditaruh di lantai begitu saja tanpa ada keterangan mana barang yang baru sampai, mana yang baru dianter, mana yang mau dikirim, dan seterusnya. Aku nggak ngerti itu siapa yang ngajarin, tapi aku bisa bayangin kalau karyawannya pasti pusing sendiri. Lha itu gimana sih? barang diambruk-ambruk di lantai loh. Kalau ada yang ilang gimana coba? Dan iya, kalau misalnya aku iseng ngumpetin satu gitu, mereka pasti nggak ada yang nyadar soalnya ruwet banget kondisi kantornya. Untung aku nggak setega itu.
               Cuma ada kursi tunggu dari besi dan itu udah mleyot sehingga siapapun yang duduk di situ pasti nggak nyaman dan takut kejengkang. Nggak ada kursi di depan customer servicenya. Terus, si anak-anak yang lain yang tugas packing, kurir yang mau anter barang, orang-orang yang nyortir, yang menscan barcode, dan lain sebagainya semuanya kerja di situ. Di ruangan kecil yang lebih kecil dari pada kamar kosku itu. Itu bangunan dua lantai yaallaaaah, kenapa kalian nggak kerja di lantai atas aja sih? Ruang situ harusnya khusus buat nerima customer dan nerima barang aja.
               Dan oya, pas aku masuk situ itu kantor bau ikan. Nggak tau, mungkin ada orang yang maketin ikan asin. Mudah-mudahan aja nggak bareng sama paketanku deh. Kasian ntar bantalnya jadi bau ikan.

PELAYANAN

               Ini yang aku rada gemes. Kondisi kantornya udah aku jelasin di atas ya? Parah. Parah banget. secara desain, banner, dan ada posternya Dedi Corbuzier sih udah keren. Cuma kantornya berantakan ampun. Sekarang gimana pelayanannya?
               Pas pertama kali ke situ pas tanggal 3 itu, malem-malem karyawannya lagi pada briefing semua. Dan di mana briefingnya? Yak, tentu saja di ruangan kecil yang sudah aku jelasin di atas. Semuanya berdesak-desakan bin uyel-uyelan di situ. Pas kami datang, ada mamas-mamas yang keluar buat ngambil barangnya dan dia bilang “Di dalam sedang briefing. Bentar ya, saya tulisin resinya,” trus dia masuk. Bagaimana dengan kami? Customer yang imut-imut ini? Kami nunggu di teras kaya anak ilang. Itu kondisi ujan, dan kami menunggu di teras. Yes, persis seperti anak terlantar. Kenapa briefingnya kok nggak di lantai atas saja? Enggak tahu. Mungkin lantai atas itu kuil suci dan hanya jenderal jin saja yang boleh masuk.
Oke, itu kali pertama. Aku masih maklum. Hari Minggu berikutnya kami ke J&T lagi karena kalau Minggu JNE itu tutup. Dan selain disambut dengan bau ikan, kami disambut dengan embak-embak yang sibuk dengerin musik lewat ear phone, dan nggak ada ramah-ramahnya blas. Mending kalau dia udah sibuk sendiri gitu tapi pelayanannya oke dan cak cek. Lha ini lama banget kok. Kamu nggak tau apa mbak, bau ikan keburu merasuk ke sekujur rambut indahku? Aku tu suka heran sama model karyawan kaya gini. Kalau mau berbuat sesuka udelnya sendiri mbok nggak usah jadi karyawan. Kamu itu front liner mbaaaaak. Kamu adalah wajah pertama yang dilihat orang mewakili perusahaan.
Selain itu ada mamas-mamas yang sok banget bin ngeselin. Di JNE itu biasanya mamas-mamasnya juga ngajak ngobrol, tapi asik, akrab. Nggak ngeselin. Lha ini tuh masnya ngeselin banget. Kalian tau istilah kemaki nggak? Apa ya? Kira-kira emm ‘aslinya bego tapi sok pinter’ gitu lah. Susah ngejelasinnya. Nha masnya tu gitu banget. Kemaki banget. Ngeselin pokoknya. Teruuuus, oh ya, mereka ribut sendiri di depan kami. Jadi karena mas-masnya ini kemaki, meskipun jabatan dia itu kurir, dia merasa berhak untuk mensupervisi kerjaan embaknya dan mereka ribut sendiri enggak jelas. Dan nggak penting sama sekali karena itu malah buang waktu. Waktu kami juga.
Aku tahu, soal pelayanan ini sih soal SDM dan masing-masing kantor pastinya beda. Tinggal kualitas SDMnya gimana. Aku baca review-review dan banyak juga yang cerita kalau kantor J&T di di kotanya pelayanannya ramah.
Tapi menurutku ini fatal banget. Kami ke J&T itu nyoba, karena kebetulan JNEnya pertama pas lagi off line jadi nggak bisa dan kedua, pas Minggu libur. Kalau saja pelayanannya oke, kami bakal balik ke J&T lagi dan lagi karena sebagai perusahaan baru dia punya banyak kelebihan. Tapi gara-gara pelayanannya kaya gitu kami jadi ilfil berat. Pertamanya tak kirain aku aja yang sensi karena emang lagi mens. Tapi ternyata Ibing pas pulangnya juga ngomel-ngomel karena masnya itu annoying banget. Dan kami sepakat nggak bakalan pakai J&T lagi unless kepepet. Sayang banget kan?
Ini bukan hate comment ya. Aku nggak dibayar sama perusahaan pesaing. Ini masukan aja buat manajemen J&T. Tolong kantornya itu dikondisikan yang bersih dan rapi sehingga customer itu merasa nyaman. Apalagi kalau harus nunggu lama. Kedua, tolong pastikan karyawannya ditraining dengan bagus jadi mereka semua ramah dan cekatan. Nggak buang waktu orang.
Sama aku yang aneh itu apa di J&T itu ada sitem reward buat sprinter/kurir yang paling banyak ngambil/ngirim paket ya? Kok kesannya ada kaya rebutan customer? Kami dua kali ke situ, ketemu sama dua kurir yang berbeda dan semuanya maksa promosi “Nanti biar saya aja yang ambil,” sambil nyodorin nomer hp pribadi. Padahal hot linenya juga udah ada. Itu annoying banget, plis stop!
Udah ah, itu aja. Sebenernya semuanya baguuus banget dan banyak nilai plusnya dibanding sama jasa ekspedisi yang udah ada. Cuma sayang di pelayanannya. Padahal menurutku sih, pelayanan itu yang paling penting nomer satu.
               Kalau kalian ada yang udah pernah pakai J&T juga? Di kota kalian bagus enggak pelayanannya? Cerita yahh, di komen.
               Makasih banyak yaa udah baca. I love you!

Isthar Pelle

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah di Palembang baru banget buka.. Langsung pake 2 ruko. Penasaran sih pengen coba. Tapi belom pernah coba kirim barang pake si J&T ini. Soalnya olshopnya lagi mandeg.. hehehe.. 😝

    Soal sms notif berarti mirip sama si cepat ya.. dia juga ngirim sms notif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini malah belum ada Si Cepat kak. Jadi aku belum tahu.
      Iya, sms notifikasi kalau menurutku ngebantu banget. Jadi nggak bolak-balik ngecek. Tapi ya itu, masih nggak pasti juga. Kadang dikirim kadang enggak. Hehehe.

      Hapus
  2. Salam kenal, saya Arumi, Just Share ya sis..
    J&t dulu awal2 pake bagus barang 2 hari nyampe, kurirnya juga ramah.. kaya jne gitulah.. kalo jne kan udah langganan kirim kerumah, kurirnya udah apal banget.. nah ini coba lagi pake j&t, aduh yg ini parah banget masa uda 6 hari paket belum dikirim juha kerumah saya, statusnya barang disimpan di gudang cabang j&t udah 3 hari, itu maksudnya apa yah? Kalo emang gatau alamat kan ya bisa sms,padahal jarak rumah sama cabang j&t cuma 2 km, nggak ada 10 menit.
    Kalau pakai Wahana saya justru seneng, cuma buat beli barang2 yg nggak urgent. Selain murah meriah, 5 hari udah sampai paling lama 6 hari, padahal cabang wahana jauh banget dari rumah saya, tapi tetap ada itikad baik dari sang kurir.
    Kalau TIKI daya udah nyerah sejak lama, saya kirim paket dengan harga mahal, paketnya nggak nyampe di alamat, paket di kembalikan ke alamat saya. Kedua, saya belanja pake kurir TIKI, paket tidak bisa terkirim ke alamat saya dengan alasan alamat tidak ditemukan. Padahal jarak rumah saya dengan agen tiki terdekat adalah 1 km, 5 menit nyampe.
    Indah Cargo, ini agennya susah banget nemunya, tapi harganya murah banget lebih murah dari tarif kilat khusus pos, 3 hari nyampe dirumah, pelayanan sama dengan wahana, kurirnya baik banget.
    Terakhir EXL atau apa gitu namanya lupa karena cuma sekali doank pakenya, tarifnya lebih murah dari Indah Cargo, lebih mah dikit dari WAHANA, paket 4 hari nyampe, nggak pake ribet kaya TIKI.
    POS Indonesia mah gausa dibahas yah,heheh udah pada tau semua.
    Yanh pasti saat ini masih cocok di hati itu ya JNE, belum pernah ada masalah, dan semoga nggak akan pernah ngalamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Arumi. Salam kenal juga.
      Iyaa, aku sampai hari ini sih tetep pake JNE terus kecuali customer request selain JNE. Selama ini memuaskan dan bisa dipercaya soalnya.
      Ada sih temenku cerita pakai JNE itu beberapa kali bermasalah terus jadi dia benci sama JNE. Tapi mungkin emang tergantung SDM di masing-masing cabang gimana ya. Pasti beda-beda.
      Ekspedisi sih hampir kaya jodoh juga, cocok-cocokan. Hihihi.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus